Kamis, 07 Januari 2010

Hasil Refleksi

Visi dan misi adalah tujuan yang akan dituju atau dicapai. Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidup, namun tidak semua tujuan yang dipilih itu baik. Karena kadang-kadang tujuan yang dipilih justru dapat menimbulkan petaka bagi orang lain. Contohnya tujuan para teroris. Untuk mencapai tujuannya, para teroris sering kali melakukan perbuatan yang dapat merugikan orang lain. Oleh karena itu, setiap orang harus memiliki visi-misi yang jelas yang dapat berguna bagi orang lain dan pribadi. Visi-misi tersebut akan menjadi prinsip hidup supaya tidak terjerumus dalam tujuan-tujuan tidak jelas yang dapat merugikan orang lain. Visi-misi juga akan membantu kita supaya tidak terombang-ambing dengan pengaruh buruk lingkungan sekitar.
Jaman sekarang banyak fasilitas yang memudahkan kita dalam melakukan segala hal. Fasilitas-fasilitas yang digunakan dengan tidak semestinya, secara tidak langsung akan membentuk kita menjadi pribadi yang malas dan manja. Rasa malas dan manja akan menimbulkan sikap tidak peduli. Tidak peduli dengan lingkungan sekitar, orang lain, dan bahkan diri sendiri. Itu semua akan mendorong kita untuk melakukan tindak kriminalitas demi kepentingan pribadi. Contoh merokok, mabuk miras, free sex, dan lain-lain.
Visi-misi harus dimiliki oleh semua orang. Jika kita tidak mempunyai visi-misi, kita akan mudah terombang–ambing pengaruh buruk lingkungan. Kita mulai tidak peduli dengan masa depan diri sendiri dan orang lain. Kita juga akan melakukan hal-hal tercela demi kepentingan diri sendiri. Dan itu semua akan membawa kita kepada kehancuran di masa depan.

1 komentar: